Education Basic

Posted: April 17, 2016 in Books
Tags: , , , , , , ,

Pendidikan merupakan salah satu investasi masa depan yang sangat berharga dalam menggerakkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang beretika dan bermartabat. Investasi dapat dilakukan bukan saja pada fisik, tetapi juga pada bidang non fisik. Investasi fisik meliputi bangunan pabrik dan perumahan karyawan, mesin-mesin dan peralatan, serta persediaan (bahan mentah, barang setengah jadi , dan barang jadi). Sedangkan investasi non fisik meliputi pendidikan, pelatihan, migrasi, pemeliharaan kesehatan dan lapangan kerja atau lebih dikenal dengan investasi sumber daya manusia (Atmanti, H.D. 2005. Investasi Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan. Jurnal Dinamika Pembangunan. Vol. 2 No. 1 / Juli 2005, hlm. 30-39).

Berdasarkan undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Dari definisi di atas jelas bahwa dengan adanya pendidikan, masyarakat akan diarahkan menuju pengembangan potensi dirinya masing-masing.

Di undang-undang tersebut juga menjelaskan bahwa penyelenggaraan pendidikan di Indonesia dapat dikelompokkan menjadi pendidikan pada jalur formal, nonformal, dan informal. Dalam pendidikan formal dapat dikatakan yaitu jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi.

Sedangkan pendidikan tinggi menurut Peraturan Pemerintah nomor 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi adalah pendidikan pada jalur pendidikan sekolah pada jenjang yang lebih tinggi dari pada pendidikan menengah di jalur pendidikan sekolah yang penyelenggaraannya disebut Perguruan Tinggi. Dalam peraturan tersebut juga disebutkan bahwa tujuan pendidikan tinggi adalah sebagai berikut:

1.    Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian

2.    Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

Mishbahuddin Blog

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s